Tafsir al-Jalalain - LTNJateng

Tafsir al-Jalalayn



Hampir dapat dipastikan bahwa setiap santri mengenal kitab tafsir yang satu ini.

Kitab Tafsir al-Jalalain (تفسير الجلالين) ini ditulis oleh dua 'ulama besar di bidang tafsir yang keduanya bernama Jalal ad-Din, yakni Jalal ad-Din al-Mahalliy dan Jalal ad-Din as-Suyuthiy.

Awalnya kitab ini disusun oleh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459 M., dan kemudian dilanjutkan oleh muridnya bernama Jalaluddin as-Suyuthi pada tahun 1505 M. Kitab tafsir ini umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan terutama di kalangan pesantren karena dianggap mudah dipahami dan terdiri dari hanya satu jilid saja. 
Bedasarkan beberapa informasi yang saya terima, Imam Jalaludin al-Mahalli mengawali penulisan tafsir ini dari awal surah Al-Kahfi hingga akhir surah An-Nas. Setelah itu beliau menafsirkan surah al-Fatihah hingga selesai sebelum wafat. Kemudian Imam Jalaluddin as-Suyuthiy melanjutkannya dengan memulai dari surah al-Baqarah hingga surah al-Isra`. Kemudian ia meletakkan tafsir surah Al-Fatihah pada bagian akhir urutan tafsir dari Al-Mahalli yang sebelumnya. Demikian menurut Imam Manna' al-QatthanNamun demikian, masih terdapat perbedaan pendapat mengenai kadar kerja masing-masing penafsir tersebut.

Sobat-sobatku bisa membaca secara lengkap Kitab Tafsir ini


=============
Dibagikan oleh H. Mahlail Syakur Sf. (Dosen FAI Unwahas, Ketua LTN PWNU Jawa Tengah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amalan Rebo Wekasan

Rebo Wekasan Perspektif Syekh AbdulHamid - Kang Syakur

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa-Tribun Jateng