Puasa bagi Wanita Hamil: Tips dan Hukumnya - Kang Syakur

 PUASA BAGI WANITA HAMIL

H. Mahlail Syakur Sf.



 

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh umat Muslim yang mampu (QS. Al-Baqarah: 183). Puasa merupakan salah satu ibadah yang identik dengan berpantang, terutama untuk berniat, berucap, dan atau melakukan perbuatan yang merupakan pantangan demi mencapai kesempurnaan akhlak sebagai manifestasi ketaqwaan dalam diri seseorang. Namun demikian, terdapat beberapa kondisi yang dilarang menjalankan puasa, yaitu wanita hamil, wanita yang haid, dan wanita yang berada dalam masa nifas. Kecuali itu ada pula kondisi yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, seperti orang musafir, orang sakit, wanita yang menyusui, dan wanita hamil.

Kehamilan merupakan kondisi khusus yang dihadapi oleh seorang wanita dan menjadi ujian yang sangat menegangkan baginya, hal mana banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan berlangsung, baik secara fisik maupun psikhis.

Menurut kaca medis, periode aman berpuasa bagi wanita hamil adalah tri semester 1 dan 2 atau di masa kehamilan 4-6 bulan. Seorang ilmuan dari University Hospital Yordania, Dr. Soliman, di pernah melakakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa pada masa kehamilan zat-zat yang diperlukan oleh wanita hamil adalah protein, karbohidrat, zat lemak, mineral atau bermacam-macam garam, terutama kalsium, fosfor, dan zat besi (Fe), vitamin, dan air. Kekurangan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti anemia, abortus pada ibu hamil, partus prematurus, inertia uteri, perdarahan pasca persalinan, sepsis puerperalis, dan lain-lain, sedangkan makan berlebihan pada ibu hamil dianggap untuk 2 orang (ibu dan janin) dapat menyebabkan komplikasi seperti gemuk, pre-eklamsia, janin besar, dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit wanita hamil yang mengalami penurunan kesehatan seperti mudah lelah, sering pusing, tidak enak makan, mual, dan sebagainya.

Apa manfaat dan risiko jika wanita hamil berpuasa, bagaimana tips agar tetap sehat selama berpuasa, dan bagaimana hukum puasa Ramadhan bagi wanita hamil? 

Baca selengkapnya di ARTIKEL ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amalan Rebo Wekasan

Rebo Wekasan Perspektif Syekh AbdulHamid - Kang Syakur

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa-Tribun Jateng