Mengenal Kitab at-Tashrih al-Yasir Karya mBah K.H. Sya'roni Ahmadi
MBAH
K.H. M. SYA’RONI AHMADI
DAN KITAB AT-TASHRIH AL-YASIR
Mahlail Syakur
Sf.
Biografi
K.H. M. Sya’roni Ahmadi
K.H. M.
Sya’roni Ahmadi al-Hafidh dilahirkan di Kabupaten Kudus pada waktu perayaan Hari
Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1931. Kyai
Sya’roni dilahirkan dari pasangan Kyai Ahmadi dan Nyai Hj. Masnifah yang
mempunyai delapan anak.
Baca selengkapnya: Profil K.H. M. Sya’roni Ahmadi al-Hafidh Kudus
Kitab
At-Tashrih al-Yasir fi ‘Ilm at- Tafsir
Hakekat
kitab at-Tashrih al-Yasir adalah Syarh Mandhumah az-Zamzamiy
fi Ushul at-Tafsir (شرح منظومة الزمزمي في أصول
التفسير)
yang berfungsi sebagai kitab komentar atas karya Syekh Abdul Aziz az-Zamzamiy. Kitab ini diberi judul at-Tashrih
al-Yasir fi ’Ilm at-Tafsir (التصريح
اليسير في علم التفسير)
karena merupakan penjelasan yang ringkas dan padat mengenai ilmu tafsir, mengenai
hal-hal mendasar dalam penafsiran al-Qur`an mulai dari pembacaan, lafadh-lafadhnya,
arti-arti yang berhubungan dengan hokum, dan sebagainya. Ini terbukti dari 159 nadham
dari sumbernya yang beliau syarahi, hanya memiliki ketebalan kitab 81 halaman (79
halaman isi dan 2 halaman berupa daftar isi).
Kitab ini disusun dengan metodologi yang mapan dan sistematis yang terdiri atas enam bagian.
Baca selengkapnya tentang Kitab Tashrih Yasir karya mBah K.H. M. Sya'roni Ahmadi al-Hafidh di link berikut ini
https://insantri.com/profil-k-h-m-syaroni-ahmadi-al-hafidh-kudus/
والله
أعلم بالصواب
Kudus,
Senin Legi, 19 Agustus 2019
18
Dzul Hijjah 1440 H.
Penulis: Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, Ketua LTN PWNU Jawa Tengah)
Daftar Pustaka
Al-Qur`ân al-Karim
Ahmadi, M. Sya’roni, at-Tashrih al-Yasir Fi ‘Ilmi
at-Tafsir, (Kudus: t. penerbit, 2003).
Asroriyyah, Ana Alkhozinatul, Materi Pengajian
KH.Sya’roni Ahmadi dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Mad’u Majlis Jum’at
Pagi Menara Kudus, (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus, 2015).
Aziz, Moh. Ali, Mengenal Tuntas Al-Qur’an,
(Surabaya, Imtiyaz, 2015).
Al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih al-Bukhari,
(Bandung: al-Ma'arif, t.t.).
al-Maliki, Alwi bin Abbas, Faydl al-Khabir,
(Surabaya, Dar al-Ulum as-Salafiyyah, t.t.), taqdim al-kitab.
Mas’ud, Abdurrahman, Kyai tanpa Pesantren
(Yogyakarta: Gama Media, 2013).
al-Qadli, Abdul Fatah, Al-Wafi fi Syarh
as-Syathibiyyah, (Kairo: Darus Salam, 2013).
al-Qatthan, Manna’ al-Khalil, Maba>h}ith fi ‘Ulu>m al-Qur`ân. (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.).
Syakur, M., ‘Ulum al-Qur`ân (Semarang: PKPI2,
2005), cet. II.
[2]Ana Alkhozinatul Asroriyyah, Materi Pengajian
KH.Sya’roni Ahmadi dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Mad’u Majlis Jum’at
Pagi Menara Kudus, (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus, 2015), h. 61.
[4] Sya’roni
Ahmadi, at-Tashrih al-Yasir Fi ‘Ilm at-Tafsir, (Kudus: t. penerbit,
2003), h. 79.
[6] Ibid., h. 9-23.
[7] Ibid., h. 24-36.
[8] Ibid., h. 37-45.
[9] Ibid., h. 46-53.
[11]Ibid.,
h. 67-79.
[12]
Alwi bin Abbas al-Maliki, Faydl al-Khabir, (Surabaya, Dar al-Ulum
as-Salafiyyah, t.t.), taqdim al-kitab.
[13]Sya’roni
Ahmadi, Op. Cit., h. 79.
[14]Muhammad
bin Isma’il Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari , (Bandung, al Ma'arif, t.t.),
Juz I, h. 227.
[16] فَلَمَّا سَمِعَتْ
بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَأً وَآتَتْ
كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ فَلَمَّا
رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا
هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ
[17] فَقَالُوا
رَبَّنَا بَاعِدْ بَيْنَ أَسْفَارِنَا وَظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ فَجَعَلْنَاهُمْ
أَحَادِيثَ وَمَزَّقْنَاهُمْ كُلَّ مُمَزَّقٍ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ
صَبَّارٍ شَكُورٍ (سبأ: 19)
[18] إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ
وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ يُقَاتِلُونَ فِي
سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي
التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ وَمَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ
فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ
الْعَظِيمُ
[19] أَوْ
كَالَّذِي مَرَّ عَلَى قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّى
يُحْيِي هَذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ
بَعَثَهُ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ قَالَ
بَلْ لَبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ إِلَى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ
يَتَسَنَّهْ وَانْظُرْ إِلَى حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِلنَّاسِ وَانْظُرْ
إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا فَلَمَّا تَبَيَّنَ
لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (البقرة: 259)
[20] وَقَالُوا
اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا سُبْحَانَهُ بَلْ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ
وَالْأَرْضِ كُلٌّ لَهُ قَانِتُونَ (البقرة: 116)
[21]
Manna’ al-Khalil al-Qatthan, Maba>h}ith
fi ‘Ulu>m
al-Qur`ân. (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.),
h. 159.
[22]
Ibid.
[23]
Abdul Fatah al-Qadli, Al-Wafi fi Syarh as-Syathibiyyah, (Kairo: Darus
Salam, 2013), h. 8.
[24]
Moh. Ali Aziz, Mengenal Tuntas Al-Qur’an, (Surabaya, Imtiyaz, 2015), h.
166.
[25]Sya’roni
Ahmadi, Op. Cit., h. 25.
[26]
Ibid., h. 26.
[27]
Ibid., h. 27.
[28]
Ibid., h. 28.
[29]
Ibid., h. 29.
Komentar
Posting Komentar