Mengenal Kitab at-Tashrih al-Yasir Karya mBah K.H. Sya'roni Ahmadi


MBAH K.H. M. SYA’RONI AHMADI 
DAN KITAB AT-TASHRIH AL-YASIR

 Mahlail Syakur Sf.




Biografi K.H. M. Sya’roni Ahmadi 
 
K.H. M. Sya’roni Ahmadi al-Hafidh dilahirkan di Kabupaten Kudus pada waktu perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1931. Kyai Sya’roni dilahirkan dari pasangan Kyai Ahmadi dan Nyai Hj. Masnifah yang mempunyai delapan anak. 


 

 

 


Kitab At-Tashrih al-Yasir fi ‘Ilm at- Tafsir
 
Hakekat kitab at-Tashrih al-Yasir adalah Syarh Mandhumah az-Zamzamiy fi Ushul at-Tafsir (شرح منظومة الزمزمي في أصول التفسير) yang berfungsi sebagai kitab komentar atas karya Syekh Abdul Aziz az-Zamzamiy.  Kitab ini diberi judul at-Tashrih al-Yasir fi ’Ilm at-Tafsir (التصريح اليسير في علم التفسير) karena merupakan penjelasan yang ringkas dan padat mengenai ilmu tafsir, mengenai hal-hal mendasar dalam penafsiran al-Qur`an mulai dari pembacaan, lafadh-lafadhnya, arti-arti yang berhubungan dengan hokum, dan sebagainya. Ini terbukti dari 159 nadham dari sumbernya yang beliau syarahi, hanya memiliki ketebalan kitab 81 halaman (79 halaman isi dan 2 halaman berupa daftar isi). 
Kitab ini disusun dengan metodologi yang mapan dan sistematis yang terdiri atas enam bagian.
Baca selengkapnya tentang Kitab Tashrih Yasir karya mBah K.H. M. Sya'roni Ahmadi al-Hafidh di link berikut ini  
https://insantri.com/profil-k-h-m-syaroni-ahmadi-al-hafidh-kudus/
 
والله أعلم بالصواب

Kudus, Senin Legi, 19 Agustus 2019
18 Dzul Hijjah 1440 H. 
 
Penulis: Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, Ketua LTN PWNU Jawa Tengah)
 
Daftar Pustaka

Al-Qur`ân al-Karim
Ahmadi, M. Sya’roni, at-Tashrih al-Yasir Fi ‘Ilmi at-Tafsir, (Kudus: t. penerbit, 2003).
Asroriyyah, Ana Alkhozinatul, Materi Pengajian KH.Sya’roni Ahmadi dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Mad’u Majlis Jum’at Pagi Menara Kudus, (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus, 2015).  
Aziz, Moh. Ali, Mengenal Tuntas Al-Qur’an, (Surabaya, Imtiyaz, 2015).
Al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih al-Bukhari, (Bandung: al-Ma'arif, t.t.).  
al-Maliki, Alwi bin Abbas, Faydl al-Khabir, (Surabaya, Dar al-Ulum as-Salafiyyah, t.t.), taqdim al-kitab. 
Mas’ud, Abdurrahman, Kyai tanpa Pesantren (Yogyakarta: Gama Media, 2013).
al-Qadli, Abdul Fatah, Al-Wafi fi Syarh as-Syathibiyyah, (Kairo: Darus Salam, 2013).
al-Qatthan, Manna’ al-Khalil, Maba>h}ith  fi ‘Ulu>m  al-Qur`ân. (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.).
Syakur, M., ‘Ulum al-Qur`ân (Semarang: PKPI2, 2005), cet. II.  



[1] Lihat Abdurrahman Mas’ud, Kyai tanpa Pesantren (Yogyakarta: Gama Media, 2013), h. 155!
[2]Ana Alkhozinatul Asroriyyah, Materi Pengajian KH.Sya’roni Ahmadi dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Mad’u Majlis Jum’at Pagi Menara Kudus, (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus, 2015), h. 61.
[3] Abdurrahman Mas’ud, Op. Cit., h. 156.
[4] Sya’roni Ahmadi, at-Tashrih al-Yasir Fi ‘Ilm at-Tafsir, (Kudus: t. penerbit, 2003), h. 79.
[5]Ibid., h. 6 (penulisan muqaddimah masih tercantum dalam halaman 5).
[6] Ibid., h. 9-23.
[7] Ibid., h. 24-36.
[8] Ibid., h. 37-45.
[9] Ibid., h. 46-53.
[10]Ibid., h. 53-66. 
[11]Ibid., h. 67-79.
[12] Alwi bin Abbas al-Maliki, Faydl al-Khabir, (Surabaya, Dar al-Ulum as-Salafiyyah, t.t.), taqdim al-kitab.
[13]Sya’roni Ahmadi, Op. Cit., h. 79.
[14]Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari , (Bandung, al Ma'arif, t.t.), Juz I, h. 227.
[15]  (المؤمنون: 8)
[16]  فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَأً وَآتَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ
[17]  فَقَالُوا رَبَّنَا بَاعِدْ بَيْنَ أَسْفَارِنَا وَظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ فَجَعَلْنَاهُمْ أَحَادِيثَ وَمَزَّقْنَاهُمْ كُلَّ مُمَزَّقٍ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ (سبأ: 19)
[18]  إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ وَمَنْ أَوْفَى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
[19]  أَوْ كَالَّذِي مَرَّ عَلَى قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّى يُحْيِي هَذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهُ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ قَالَ بَلْ لَبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ إِلَى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ وَانْظُرْ إِلَى حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِلنَّاسِ وَانْظُرْ إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (البقرة: 259)
[20]  وَقَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا سُبْحَانَهُ بَلْ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ كُلٌّ لَهُ قَانِتُونَ (البقرة: 116)
[21] Manna’ al-Khalil al-Qatthan,  Maba>h}ith  fi ‘Ulu>m  al-Qur`ân. (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.),  h. 159.
[22] Ibid.
[23] Abdul Fatah al-Qadli, Al-Wafi fi Syarh as-Syathibiyyah, (Kairo: Darus Salam, 2013), h. 8.
[24] Moh. Ali Aziz, Mengenal Tuntas Al-Qur’an, (Surabaya, Imtiyaz, 2015), h. 166.
[25]Sya’roni Ahmadi, Op. Cit., h. 25.
[26] Ibid., h. 26.
[27] Ibid., h. 27.
[28] Ibid., h. 28.
[29] Ibid., h. 29.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amalan Rebo Wekasan

Rebo Wekasan Perspektif Syekh AbdulHamid - Kang Syakur

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa-Tribun Jateng